Rabu, 20 Juli 2011

Monumen Soco obyek Wisata Bersejarah

Pesona Wisata dan Kerajinan Magetan 2011
Monumen Soco


Pesona Wisata dan Kerajinan Magetan 2011

Monumen ini merupakan salah satu obyek wisata sejarah, di mana tempat wisata ini merupakan tempat terjadinya tragedi berdarah dari keganasan pemberontakan PKI tahun 1948. Di sana terdapat tetengger yang tingginya sekitar dua meter yang di puncaknya terdapat lambang negara, burung Garuda. Di samping kanan tugu tersebut, ada prasasti. Itu berisi ”Daftar Nama Korban Keganasan PKI 1948”. Di bawah tetenger atau tugu itulah, sebanyak 108 mayat penduduk ditemukan tak bernyawa dengan tubuh penuh luka.

Selain tetenger yang di bawahnya lubang sumur, di sebelahnya ada sebuah gerbong kereta api Kertapati. Gerbong tersebut, menurut cerita Nyamin, untuk mengangkut masyarakat yang ditawan PKI. Saat itu, tawanan disekap di loji, kompleks PG Rejosari. Kemudian, dengan menggunakan gerbong, tawanan diangkut menuju Soco. Di sinilah mereka disiksa dan dibuang ke sumur tua dengan kedalaman antara 20-25 meter tersebut.

Dengan nilai sejarah yang cukup tinggi ini, Monumen Soco merupakan destinasi wisata yang wajib anda kunjungi untuk mengenang para korban PKI selain di Lubang Buaya yang berada di Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar